by. ian. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Makan Buah Pinang ala Papua

 
Buah pinang adalah makanan kesukaan orang Papua. Jika ditilik dari sisi budaya, pinang juga berfungsi untuk mempererat tali persaudaraan sesama masyarakat Papua.
Secara ekonomis, pinang juga membantu pendapatan keluarga masyarakat Papua terutama mama-mama di Pasar. Pinang dijual dengan harga yang bervariasi dimana yang pertumpuk dijual seharga Rp 5.000. Sedangkan pinang ojek, .(he..he asyik juga nih kedengarannya..) dijual seharga Rp. 1.000 rupiah. Jadi kalau pinang ojek artinya pada waktu membeli pinang biasanya si pembeli tersebut langsung memakan buah pinang tersebut lengkap dengan kapur dan lain sebagainya,” ya ibaratnya tahan ojek langsung naik dan bayar bila sudah sampai ditujuan....he..he apa hubungannya...?
Makan pinang bagi warga Papua adalah telah menjadi kebiasaan hari-hari layaknya seperti mengunya permen. Jika disepanjang terlihat banyak ceceran seperti darah, jangan khawatir itu bukan akibat perkelahian tetapi hanya ludah buangan para pengunya pinang.
Sayangnya jalanan kota ini kotor dengan noda merah, dari pinang yang menjadi makanan favorit orang papua, namun walau demikian biasa bercak-bercak merah yang biasanya terdapat di jalan-jalan atau tempat pembuangan sampah akan hilang dengan sendirinya apabila tiba-tiba turun hujan....tapi yg agak repot apabila ludah pinang tersebut di semburkan ke tembok...mungkin bagi yang melihatnya terutama petugas kebersihan akan mengatakan dalam hatinya "..capeee. dehhh. " tetapi inilah budaya makan pinang masyarakat Papua, terlihat asyik dan sangat unik jarang diketemukan di daerah-daerah lain.
Dan buat teman-teman yang mungkin sering mengkomsumsi Pinang...tidak perlu kuatir...karena kemungkinan makan pinang akan lebih menyehatkan dan memperkuat gigi, walau memang sedikit terlihat aneh bagi yang belum terbiasa melihatnya, namun inilah tradisi yang mungkin tidak akan pernah hilang bagi saudara-saudara kita di tanah Papua. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Simon Child Sr. mengatakan...

really nice post! I like it! visit my blog too,, simonchild23.blogspot.com :)

Posting Komentar